Laporan Fernando

Viral – Bagi pecinta tanaman hias, memiliki jenis tanaman baru yang langka menciptakan rasa gembira dan semakin antusias untuk memiliki jenis lainnya. Harga pun tak masalah selama kantong penuh.

Tidak hanya pecinta tanaman hias yang bahagia, para pembisnis tanaman hias pun merasa sangat diuntungkan. Salah satu tanaman mahal yang kini sedang viral yaitu tanaman ‘janda bolong’ yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta.r

Harga tanaman hias ini dipengaruhi oleh kelangkaannya hingga sulitnya membudidayakan tanaman tersebut, seperti 5 tanaman hias termahal dibawah ini.

1. Juliet Rose

Bunga ini merupakan hasil karya dari David Austin, seorang penanam bunga. Setidaknya dibutuhkan waktu 15 tahun untuk membuat Juliet Rose. Diperikarakan, harga bunga ini mencapai Rp98 miliar.

2. Enchepalartos

Tanaman asal Afrika ini juga dihargai dengan sangat tinggi. Sulitnya akses ke Afrika ditambah dengan tanaman yang hidup pada tanah yang kurang mendukung menjadi faktor Enchepalartos dihargai cukup tinggi. Bahkan, terdapat spesies baru yang belum ada namanya, dihargai mencapai Rp450 juta.

3. Sansivera

Terdapat berbagai macam spesies tanaman sansivera. Harganya pun juga tak kalah mengesankan. Tanaman jenis sansivera dapat dijual dengan harga Rp10 juta per daun. Salah satu spesies langka ialah Sansivera Agave Purposum Varigata yang sudah mengalami mutasi, dengan harga mencapai Rp125 juta.

4. Philodendron Minima Variegata

Salah satu jenis Philodendron yang sangat langka saat ini adalah Philodendron Minima Variegata. Harga untuk Philodendron Minima biasa sebenarnya tidak terlalu mahal. Namun, harga untuk versi Variegata-nya sangat jauh berbeda, tanaman jenis ini yang memiliki empat daun terjual seharga US$ 8.150 atau sekitar Rp114 juta.

5. Monstera Obliqua

Harga Janda Bolong jenis Monstera Obliqua untuk satu lembar daunnya bisa mencapai Rp 15 juta. Jika pada satu tanaman Janda Bolong terdapat 7 daun, maka harga janda bolong jutaan, bisa mencapai Rp100 juta. Harganya yang fantastis ini disebabkan oleh ketersediaan tanaman Monstera Obliqua yang masih sangat langka.

Sumber: Ringtimes Bali, Kabar Joglosemar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.