Indralaya — DataRilis.com
Tulisan Kabiro Ogan ilir

Dengan mengucap  Bismillahirrahmanirrahim” Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam SE, SH, MM  membuka Sidang Itsbat Nikah Terpadu Kabupaten Ogan Ilir ke IV Tahun 2020 dalam rangka Mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dengan memukul Gong. Senin (24/02/2020) Bertempat di Gedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya.

Bupati OI menyampaikan “Itsbat Nikah adalah cara yang dapat ditempuh oleh pasangan suami istri yang telah menikah secara sah menurut hukum agama untuk mendapatkan pengakuan dari negara atas pernikahan yang telah dilangsungkan oleh keduanya beserta anak-anak yang lahir selama pernikahan, sehingga pernikahannya tersebut berkekuatan hukum”, ujarnya.

Bupati OI juga menyampaikan, bahwa Itsbat Nikah adalah salah satu Program Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk membantu masyarakat, khususnya yang belum mempunyai buku nikah, bagi masyarakat yang sudah menikah secara agama dan mempunyai anak tidak bisa membuat akta kelahiran anak karena tidak mempunyai buku nikah.

“Melalui Itsbat ini, masyarakat dicatatkan pernikahannya sehingga sah secara hukum dan mendapatkan buku nikah secara gratis”, tuturnya.

Dikatakan Bupati, Alhamdulillah Itsbat Nikah di Kabupaten Ogan Ilir sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali dimulai pada tahun 2018 sebanyak 300 pasang, pada maret 2019 sebanyak 300 pasang, november 2019 sebanyak 535 pasang, dan februari dengan peserta 600 pasang, total 1.735 pasang dari 16 kecamatan mendapatkan buku nikah melalui program ini”, jelasnya.

“Saya harapkan, melalui sidang Itsbat ini masyarakat terbantu dalam pengesahan status pernikahan dengan mendapatkan buku nikah, selain itu mendapatkan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran.

Seluruh biaya sidang Itsbat ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (GRATIS),alias tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, dan bahkan setelah mengikuti sidang, masyarakat dibantu biaya transport dan juga mendapatkan cinderamata”, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.