Indralaya – DataRilis.com

Liputan – Foto :Kabiro Ogan ilir

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam SE, SH, MM bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Ogan Ilir gelar Sosialisasi dan Pengisian Sensus Penduduk Secara Online Serentak di Kab OI. Senin (17/02/2020) di Gedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya”, Senin (17/02/2020).

Acara sensus penduduk secara online tersebut, Dihadiri oleh Ketua DPRD OI, Sekda  OI, Pabung OI, Kepala Kemenag OI, Asisten Setda OI, Kepala OPD Pemkab OI dan Camat Se Kab OI.

Bupati OI menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar Sensus Penduduk (SP) 2020. SP 2020 akan menggunakan data kombinasi, yaitu memanfaatkan data Administrasi kependudukan (Adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget. Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

Bupati OI juga menjelaskan Sensus Penduduk 2020 bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik 10 tahun kedepan, memperoleh data parameter demografi untuk keperluan proyeksi penduduk, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan Pemerintahan khususnya Pemerintah Daerah Kab. OI.

“Kami harapkan Bapak/Ibu sekalian dapat berperan dalam mengikuti sensus penduduk online dengan menjawab dengan sejujurnya serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak penduduk untuk aktif mengisi sensus penduduk online. Kemudian Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 31 juli 2020. Sebelum dilakukan pencacahan lapangan akan dilakukan verifikasi lapangan”, jelasnya.

Sementara Ketua DPRD OI, Suharto SH juga mengatakan, sama seperti yang disampaikan bapak Bupati, (BPS) Sensus Penduduk secara online (SP) 2020, sangat memanfaatkan bagus karna bisa mengumpulkan berbagai jenis data dengan menggunakan gadget. “Inovasi ini berharap, bisa menelisir sebuah tantangan dinamika kependudukan kita yang terjadi selama kurun 10 tahun terakhir ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.