Datarilis.com – F. Castro

Ogan Ilir-Sumsel — Relawan Rumah Zakat bekerja sama dengan Dinas Peternakan Ogan Ilir adakan kegiatan penyuluhan kepada kelompok ternak sapi binaan rumah zakat desa berdaya Talang Balai Baru I. Kecamatan Tanjung Raja Ogan Ilir. Sumatera Selatan. ” Jum’at, pagi (10 Juli 2020).

Penyluhan ini diikuti 4 orang anggota kelompok sapi, 2 orang dari dinas dan relawan. Selain itu Rumah Zakat juga memberikan bantuan vitamin dan obat. Bantuan ini merupakan bagian dari kegiatan Program Bantuan Ekonomi Desa Berdaya. Bantuan berupa vitamin pertumbuhan dan obat cacing.

Pemberian vitamin dan obat cacing dibantu langsung oleh Syarif, S. Pt dari Penyuluh Peternakan Dinas Ogan Ilir. “Vitamin diberikan untuk membantu pertumbuhan ternak sapi, sedangkan obat cacing mencegah cacingan pada sapi. Vitamin diberikan dengan cara diinjeksikan pada bagian tubuh sapi. Obat cacing yang diberikan berupa pil tablet”, ujarnya.

Ada 4 ekor sapi yang diberikan pil cacing dan 2 ekor sapi yang disuntik vitamin. Untuk 2 sapi betina yang sedang hamil tidak diberikan suntikan vitamin karena dikhawatirkan mengganggu kehamilannya, diperkirakan awal tahun melahirkan.

Seperti ungkapkannya salah satu penerima mamfaat Iskandar (52), yang tinggal di Dusun 05 RT 10, Desa Talang Balai Baru I, Tanjung Raja, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. “Alhamdulillah Saya atas kepercayaannya , saya akan merawat sapi ini sebenar-benarnya, terima kasih dari yang memberi saya sapi pengurus Rumah Zakat,” ucapnya

Senada diucapkan ketua kelompok Umari, ” Terimakasih Rumah Zakat dan dinas Ogan Ilir atas bantuan obat nya semoga sapi ini tumbuh dengan sehat”, kata Umari selaku ketua kelompok.

Kepala Desa Talang Balai Baru I Heri Muryanto, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan pihak dinas Kab. OI yang telah memberikan kepercayaanya kepada warga kami dan juga berikan bantuan obatnya. “Semoga warga yang penerima mamfaat ini berharapanya, bisa memfaatkan sebisa mungkin untuk memperdayakan ternak sapi ini sampai berkembang kembang biak,” ucapnya sang Kades beri semangat dengan syukur ke warganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.