Datarilis.com – Medan ||| Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, Hermansyah bereaksi keras terkait kelakuan FS alias Fery Kiteng yang mengaku-ngaku sebagai wartawan. Apalagi, Fery Kiteng ini kerap meresahkan masyarakat. Untuk itu, Hermansyah pun meminta agar aparat kepolisian segera bertindak.

“Berkaitan dengan adanya oknum yang mengaku-ngaku sebagai wartawan dan meresahkan masyarakat, maka kami minta polisi menangkap dan mengamankan oknum tersebut. Apalagi oknum dimaksud sudah dilaporkan dalam kasus UU ITE,” kata Hermansyah, Kamis (4/6).

Ia mengatakan, setiap orang yang berprofesi sebagai wartawan atau jurnalis haruslah mematuhi Undang-undang Pers No 40 tahun 2009. Selain itu, lanjut Hermansyah, setiap wartawan ataupun jurnalis haruslah patuh terhadap kode etik yang ada.

“Bilamana seorang wartawan melanggar kode etik dalam menjalankan tugas- tugas pers, maka gugurlah haknya sebagai wartawan, Fery Kiteng kata Hermansyah. Berkaitan dengan , lanjut Hermansyah, lelaki yang diduga merupakan pengguna narkoba itu tidak pantas mengaku-ngaku sebagai wartawan.

“Saya sebenarnya prihatin dengan kasus-kasus semacam ini. Karena akibat ulah oknum seperti ini, nama baik wartawan lain yang bekerja dengan sungguh-sungguh akan ikut tercoreng,” ujarnya.

Hermansyah berharap,Fery Kiteng  ini dapat diproses sesuai hukum yang berlaku. Apapun ceritanya, setiap wartawan itu haruslah bertindak sesuai UU Pers dan kode etik yang berlaku. Bila kedua aturan ini dilanggar, jangankan untuk menjadi wartawan, mengaku-ngaku saja pun orang tersebut tidak layak.

“Keberadaan orang seperti ini akan sangat mengganggu. Maka saya sebagai Ketua PWI sekali lagi meminta agar polisi bertindak,” tegas Hermansyah.

Senada disampaikan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Liston Aqurat Damanik. Katanya, dia sangat menyesalkan adanya oknum yang memperalat profesi wartawan untuk kepentingan di luar tugas jurnalistik.

“Bilamana ada masyarakat yang merasa dirugikan terkait ulah oknum yang mengaku-ngaku sebagai wartawan, kami sarankan segera melapor pada penegak hukum,” kata Liston.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan oknum tersebut sama sekali tidak mencerminkan jati diri seorang jurnalis. Sebab, kata Liston, pewarta ini bekerja untuk kepentingan publik, bukan untuk kepentingan diri sendiri dalam meraih keuntungan tertentu.

Terpisah, Ketua Umum Forum Komunikasi Wartawan Indonesia { FKWI } Moh. Hendrik Paris Hutapea, S.H. Meminta pada masyarakat yang pernah diresahkan atas ulah Fery Kiteng kangsung saja buat laporan nya ke Polisi.

” Masyarakat yang pernah di resahkan atas ulah oknum yg mengaku ngaku sebagai wartawan atas nama Fery Kiteng langsung saja buat laporan ke Polisi, biar langsung gol kawan tu. ” Terang Hendrik Sebagai Pemdiri Media Datarilis.com & FKWI. TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.