Medan || Kepala Rumah Tahanan Kelas I Medan Theo Adrianus Purba mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan secara daring oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI, Kamis (25/03/2021).

Terpilihnya putra terbaik Sumut ini mengikuti Diklat Kemenkumham RI tersebut, berdasarkan Keputusan Kepala BPSDM Kumham Kemenkumham Nomor SDM-20.SM.01.03 Tahun 2021 tanggal 03 Maret 2021 tentang Penetapan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan LXIV dan LXV yang ditandatangani Kepala Pusat Pengembangan Diklat Teknis dan Kepemimpinan Cucu Koswala.

Karutan Kelas I Medan Thea Adrianus Purba yang dihubungi di sela sela mengikuti Diklat mengatakan, semua pemimpin harus mengikuti diklat kepemimpinan administrator ini, yang dimulai dari 14 Maret hingga 29 Juni mendatang.

“Diklat ini seperti kuliah juga, diantaranya ada beberapa jam pembelajaran, sesi diskusi, kelompok, individual learning atau tugas tugas individual reflection, Diklat ini, sebagai jenjang untuk naik jabatan, bisa dikatakan seperti sespim lah kalau di kepolisian,” urainya.

Dijelaskan, diklat yang namanya pendidikan kepemimpinan adminstrator angkatan 64 itu, diikuti oleh sekitar 40 peserta dari seluruh Indonesia, dan dirinya cuma sendiri yang mengikuti dari angkatannya.

“Saya sudah di eselon III kurang lebih dua tahun, mengikuti tes dan lulus baru mengikuti sekolah ini untuk bisa lebih akuntabel lah syaratnya harus mengikuti diklat pimpinan tingkat III ini, ” jelas Theo seraya menyebutkan Pemateri Diklat seluruhnya dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Diinformasikan, Pelatihan ini merupakan pelatihan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Aplikasi e-Learning Kemenkumham.

Pesertanya juga wajib melakukan registrasi secara onlinie, memiliki kemampuan penggunaan aplikasi TI seperti Whatsapp, Moodle, Zoom Cloud Meeting, dan selama pelaksanaan pelatihan On Campuss, peserta dibebas tugaskan dari pekerjaannya. (AVID)