Ogan Ilir- DataRilis.com

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam S.E., S.H., M.M., didampingi Asisten III Muksin Abdullah Setda OI dan Kepala OPD Pemkab. OI gelar Pagelaran Budaya di 16 Kecamatan di Kab. OI dalam rangka mentransformasi didalam seni budaya bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, terutama bagi anak-anak muda yang kali ini digelar di Kecamatan Kandis dan Sungai Pinang” Kamis, (16/03/2020).

Hadir dalam acara dikedua Kecamatan ini sama, Turut hadir Camat,Kepala bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Ogan Ilir, para kepala desa, Korwil Kecamatan,Kepala Sekolah SD/MI dan SMP Sekecamatan Kandis, acara ini juga sama di Sekecamatan Sungai Pinang.

Didalam acara palegeran budaya di kecamatan bermacam tampilkan beberapa persembahkan Tari Ulur Dukuh dan Tari Terbangan di Kecamatan Kandis dan untuk kecamatan Sungai Pinang menempilkan Tari gerobak buruk sapi gile dan Tari selendang, Kab. Ogan Ilir-Sumsel.

Warga tak kalah lebih hebatnya ternyata masih ada warga asal Santapan masih melestrikan seni budaya nya membuat gula Aren, didalam acara tersebut warga juga tunjukan cara proses pembuatan gula Aren dihadapan para pejabat Pemerintah Kab. OI.

Pemerintah Kabupaten OI saat pendukung Cara pembuatan gula Aren yang terkenal dari kecamatan Kandis ini. Pemerintah siap akan bantu warga untuk mempatenkan gula Aren has warga desa santapan ini agar tetap di pertahankan dan bisa menjadi pendapatan ekonomi masyarakat.

Sama seperti pertemuan sebelumnya dikecamatan lainya didalam acara Road Show Pagelaran Budaya OI, Bupati OI Ilyas Panji Alam selalui bapak Muksin Abdullah Asisten III menyampaikan, Pagelaran Seni Budaya ini dilaksanakan dalam rangka mentransformasi berbagai nilai budaya bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir terutama bagi anak-anak muda.

“Kita harus menggali potensi budaya yang hampir punah, untuk itu mari kita melestarikan dan mempertahankan budaya daerah agar dapat membekali generasi muda agar tidak terpengaruh dan terjerumus kepada budaya asing yang dapat merusak moral, berkepribadian yang baik dapat terbebas dari narkoba dan akhlak anak bangsa oleh sebab itu Pemkab. OI telah menerapkan Program 1 Desa 1 Diniyah Full day School/ yang lebih sering dikenal dengan Sekolah Petang, di Kabupaten Ogan Ilir yang kita cintai ini (Lestari Budayaku, Lestari Negri kita)”, ujarnya.

Terakhir Bupati OI melalui Asisten III mengatakan, menyarankan masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi virus corona yang saat ini sedang melanda negara kita Indonesia,” pungkasnya.

“Khusus masyarkaat, terus jalani Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS), jaga kontak tubuh dengan orang asing, dan selalu cuci tangan yang bersih setelah beraktifitas sehingga virus ini dapat dan hindari.” tutupnya.

One thought on “Acara Road Show Pagelaran Budaya Yang Di Gelar Dua Kecamatan OI Berjalan Meriah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.