Datarilis.com – M.Parulian Simanjuntak

SUNGGAL – Pemerintah telah menetapkan hari raya Idul Adha dan kurban 1441 Hijriah jatuh pada 1/8/2020. Meski dalam situasi pandemi COVID-19, hal itu tidak menyurutkan niat umat muslim di Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang untuk tetap berkurban.

Seperti halnya masyarakat di Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang Al — Amri Baiturrahman, . Sebanyak 142 ekor sapi akan disembelih usai pelaksanaan salat Idul Adha.

Kepala Desa, Suprayetno, mengatakan tahun ini masyarakat yang Qurban di wilayahnya meningkat jika dibanding tahun lalu. Tercatat, sebanyak 142 hewan Qurban terdiri dari 91 ekor Lembu dan 51 ekor kambing siap untuk disembelih.

“Alhamdulillah di saat pandemi covid – 19 ternyata niat berkurban masyarakat kita meningkat. Tahun 2019 lalu hanya 233 ekor, terdiri dari 91 ekor lembu dan 51ekor kambing. Total Qurban tahun ini dari 13 Dusun di Desa Medan Krio Baiturrahman yang masuk data ke kita meningkat mencapai 142 ekor keseluruan ,” kata Yetno Jumat (31/7/20).

Yetno, menjelaskan, jumlah hewan kurban tersebut kemungkinan bakal bertambah saat hari penyembelihan. Karena masih ada warga yang belum melapor ke panitia Qurban di Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang.

“Hewan Qurban untuk penyembelihan tahun ini, berasal dari 13 Dusun Desa Medan Krio Sunggal Deliserdang,” ucap Kades.

Kendati jumlah hewan Qurban meningkat, panitia tetap akan mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah demi mencegah penyebaran COVID-19. Mulai dari memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan memakai sarung tangan.

“Panitia tetap kita batasi sesuai kebutuhan dan dianjurkan agar daging Qurban sebagian ada yang diantarkan oleh panitia ke rumah masing-masing penerima kurban tersebut, guna menghindari kerumunan warga yang akan mengambil daging Qurban . Untuk teknisnya kami kembalikan kepada Dusun masing-masing,” ungkapnya.

Terpisah Pak Suyatli S.Ag, salasatu Panitia Qurban di Masjid AL – Amri Nur Jalan Bengawan Dusun II/III Desa Medan Krio Sunggal Deliserdang. Ketika dikonfirmasi mengatakan warga kami yang ada didusun 2 dan 3 sangatla antusias terkait hewan Qurban, walaupun situasi saat ini pandemi covid -19 tetapi masih saja banyak yang Qurban untuk masjid AL – Amri Nurmala ini, untuk itu kami dari Panitia Qurban sangatla mengucapkan terimakasih banyak kepada yang ber Qurban,disinggung terkait Covit -19 Yatli memintak agar Corona Virus secepatnya selesai dari muka Bumi ini agar kita dapat benar beraktipitas seperti biasanya, Pinta Yatli

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *