DATARILIS.COM – F. CASTRO

Tanjung Raja – Ogan Ilir — Dalam Pasal 230 UU Pemda disebutkan, pemerintah kabupaten/kota wajib mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk pembangunan sarana dan prasarana lokal kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Dana kelurahan itu masuk dalam anggaran Kecamatan.

Dengan adanya dana kelurahan ini yang telah diturunkan oleh pemerintah daerah melalui dana APBD. Pada hari ini di empat Kelurahan Kecamatan Tanjung Raja Kab. OI. Yaitu, Kelurahan Raja, Tanjung Raja Barat, Tanjung Raja Utara dan Tanjung Raja Timur sudah mulai melakukan pemiliharaan seperti kegiatan membersihan gorong gorong yang tersumbat akibat tanah pasir, sampah rumah tangga dan membersihkan irigasi, yang di kerjakan secara bergotoyong di setiap wilayah RT masing masing, tujuan pemerintah kelurahan diutama dilakukan kegiatan ini semoga masyarakat terhindar dari dampak covid-19, jum’at (24/07/2020).

Selain dana kelurahan trsbut digunakan untuk pemiliharaan dilingkungan kelurahan dan juga sebagianya gunakan untuk penanganan yang Covid-19 seperti berian BLTK bagi masyarakat yang terdampak.

Kegiatan gotong royong ini, selain berupaya mencegah banjir dan mencegah luapan air ketika turun hujan hal ini juga bisa mencegah datangnya menular covid-19 untuk menjadikan masyarakat lebih sehat. membersihkan gorong – gorong agar jika terjadi hujan, air mengalir dengan lancar dan tidak terjadi genangan akibat luapan got.

Dengan menggunakan alat perlengkapannya, jumlah masyarakat di masing masing Rt yang berada di wilayah ini. Mulai melakukan pembersihan seperti, pengeruk sampah dengan menggunakan cangkul dan sekop membersihkan daerah pinggiran gorong gorong secara bersama-sama hingga bersih dari berbagai sampah.

Dijelaskan, Lurah Tanjung Raja, FITRI YANTI,Am.Kep, karna kita sekarang masih mengadapi dalam suasana melawan covid-19, maka kami utamakan tentang kesehatan masyarakat agar terhindar dari wabah ini dan Covid-19 cepat hilang.

“Dengan adanya dana kelurahan ini, selain digunakan untuk pemiliharaan kegiatan tentang kesehatan di lingkungan kita, kami juga akan berikan sebagiannya untuk BLTK agar sedikit mengungarangi beban masyarakat kurang mampu yang terdampak covid-19″ katanya.

Hari ini kami mulai melakukan kegiatan secara gotong gorong dengan melakukan membersihan gorong gorong yang tersumbat oleh berbagai sampah diwilayah tanjung raja di 6 RT yang dikerja langsung ole warga setempat disetiap lingkungan mereka masing masing” jelasnya.

“Fitri juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya agar kita semua bisa terhindar dari wabah ini (Covid-19, jangan lagi suka melakukan kebiasaan yang buruk dengan membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke kali atau sungai, saluran air, dan got-got atau gorong gorong, demi kenyamanan dan kesehatan dilingkungan bersama mari kita hilangkan kebiasaan buruk tsb. Jika lingkungan kita bersih tentu warga yang mendiami wilayah tersebut juga akan sehat dan juga bisa terhindar wabah covid-19″,teranganya.

Sementara itu dikatan salah satu warga Kelurahan Tanjung Raja M. Syapruddin (55) mengucapakan, Alhamdullah dengan adanya pembersihan gorong gorong ini di per RT, mulai dari LK 1 sampai LK 3 untuk wilayah Kelurahan Tanjung Raja. Kami sebagai warga sangat senang, akhirnya wilayah Kelurahan Tanjung Raja menjadi lebih bersih dan cantik, secantik Ibu Lurahnya,” ucap udin memuji.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *