Kabiro Aris Afdillah

Datarilis.com ||| Rumah milik Asep Azrori (41) warga di Dusun I Pekon Banding Agung Kecamatan Talang Padang, ludes terbakar, Rabu (3/6/20) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun korban mengalami kerugian barang dagangan berupa alat rumah tangga, elektronik serta barang berharga lainnya bahkan uang tunai dan secara keseluruhan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran diduga dari korsleting listrik dari tengah rumah dan beruntung warga segera melakukan pemadaman dengan alat seadanya sehingga api tidak merambat ke rumah tetangga.

Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong sebab pemilik rumah sedang bekerja selaku Kasi Pemerintahan di Pekon Banding Agung.

“Setengah jam sebelum kejadian pemilik rumah sempat pulang kerumah untuk mengambil keperluan kantor dan kembali ke kantor, setengah jam kemudian pemilik rumah dikabari warga dan tetangga bahwa rumahnya mengalami kebakaran,” kata Iptu Khairul Yassin Ariga mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK. MM.

Kapolsek mengungkapkan, berdasarkan keterangan korban, selain sebagai tempat tinggal rumah juga dijadikan sebagai tempat mengumpulkan barang dagangan berupa alat-alat rumah tangga sehingga api cepat membakar isi rumah.

“Berdasarkan keterangan saksi yang bersebelahan rumah bahwa pada pukul 11.30 WIB, ia melihat api sudah besar di bagian tengah rumah, kemudian saksi mematikan listrik rumahnya dan berlari keluar untuk meminta bantuan untuk memadamkan api,” ungkapnya.

Kapolsek melanjutkan setelah menerima laporan dari warga pihaknya beserta anggota Koramil Talang Padang membantu warga memadamkan api serta mengamankan barang barang yang masih bisa diselamatkan.

“Dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik. Adapun kerugian materi uang tunai milik korban Rp35 juta, tv tabung dua unit, kulkas dua unit,alat rumah tangga, barang dagangan alat rumah tangga, dan sejumlah dokumen penting,” tegasnya.

Sementara itu menurut keterangan Abdul Karim selaku tetangga korban bahwa ia mengetahui adanya kebakaran saat menonton televisi mendengar suara mencurigakan sehingga memeriksa sekitar.

“Saat saya buka jendela, ternyata api sudah membesar. Bahkan telah membakar jendela, spontan mengambil ember melakukan penyiraman,” kata Abdul Karim. (Dilla)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *