Foto. Jemaah Haji ketika melakukan ibadah di Ka’bah. (Foto. Istimewa)

Madina || Datarilis.com – Tv Online
Redaksi

Sesuai dengan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Sebanyak 95,05% atau 538 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Mandailing Natal telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) 1441/2020, tahap I yang ditutup Kamis, (30/042020) kemarin.

Sementara itu, 4,95% atau 28 orang CJH Mandailing Natal belum melakukan pelunasan BIPIH. Hal ini disampaikan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal H. Irfansyah Nasution, S. Ag, MM.

“Total jumlah calon jemaah Haji Kabupaten Mandailing Natal yang berhak melunasi pada tahap I ini sebanyak 566 orang. Masih ada 28 orang lagi atau sekitar 4,95% yang belum melakukan pembayaran pelunasan BIPIH,” jelas Irfansyah Nasution.

Sejumlah CJH yang belum melunasi tahap I ini, terang H. Irfansyah Nasution disebabkan oleh faktor sakit dan juga adanya CJH yang menunda tahun keberangkatan mereka.

Berdasarkan amanat Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Irfansyah Nasution mengatakan bahwa secara nasional masih terdapat 21.157 kuota Haji reguler dan 817 prioritas lansia yang belum terlunasi.

Oleh karena itu, Kementerian Agama akan membuka pelunasan BIPIH 1441H/2020M untuk tahap II, yaitu pada 12-20 Mei 2020. Calon Jemaah Haji yang berhak melakukan pelunasan tahap II ini diperuntukkan bagi yang gagal membayar di tahap I sebab gangguan sistem, pendamping lansia, penggabungan mahram, serta jemaah disabilitas dan pendampingnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *